Perjalanan Miftahul Huda Dibayar Rp 1 M dari Medsos, Dulunya Penjaga Kantin

Selebgram Keanu Jajal Bisnis Kekinian, Gaya Frontal-Ngondek Tak Disukai Sang Bunda Justru Terkuak

Liputan.co – Nama Keanu Angelo atau sering disebut Keanu Agl sudah begitu terkenal di media sosial, terutama Instagram. Kariernya menjadi selebgram melambung berkat konten kocaknya yang ceplas-ceplos mengundang gelak tawa.
Kini, dirinya berhasil memiliki 3,7 juta pengikut di akun Instagram-nya. Ia juga melebarkan sayapnya ke platform digital lain, yakni Youtube. Selain itu, popularitasnya semakin melejeit hingga mampu bersanding bersama selebriti Tanah Air di program acara televisi.

Pria kelahiran Juni 1998 itu memiliki nama asli Muhammad Miftahul Huda. Penggunaan nama ‘Keanu’ itu adalah panggilan dari sang ibu. Karena ibunya adalah penggemar artis internasional, Keanu Reeves, sehingga ia memanggil anak bungsunya dengan nama itu.

Sebelum Keanu sukses menjadi selebgram dan dikenal sosok yang periang, dirinya punya pengalaman hidup yang begitu pahit. Bahkan, Keanu juga harus menjajal berbagai pekerjaan dari bawah demi menyambung hidupnya.
Ketika duduk di bangku SMP, Keanu merupakan korban bully teman-temannya. Ia tak hanya mendapat perundungan secara verbal, tapi juga fisik. Bahkan, Keanu mengatakan perundungan yang dilakukan kepada dirinya lebih parah dari yang ada di film-film.

Rafathar Jawab Polos saat Ditanya Keanu soal 'Tips dan Enaknya Jadi Rafathar', Sempat Bingung - Tribunnews.com Mobile

Hal tersebut pun ia ceritakan melalui kanal Youtube MGDALENAF, “Lo tau bangku sekolah gak? Ini meja, bangku, meja bangku. Terus gue dipegangin rame-rame, kaki gue, tangan gue. Terus kepala gue dijepit pake selangkangan sama temen-temen gue. Kemeja gue dibuka, dikasih odol, terus gitu deh. Dan itu berlangsung setiap hari dan itu bener-bener parah banget.”

Memasuki masa SMA, Keanu tidak lagi mendapat perundungan. Tapi, dari kejadian yang dialami semasa putih birunya, membawa trauma yang mendalam untuknya. “Gue selama setahun pas masa SMA, kalo temen gue angkat tangan, gue tuh takut dipukul,” kenang Keanu.

Ia juga menuturkan, di masa-masa perundungan tersebut dirinya tidak melawan karena Keanu bukan sosok yang pemberani. Sehingga dirinya dijadikan sasaran oleh teman-temannya.
Meskipun mendapat pengalaman yang pahit, Keanu merupakan sosok yang tegar dan bukan pendendam. Ia mengaku masih berhubungan baik dengan temannya yang suka nge-bully dirinya di masa sekolah.
Jadi Tukang Ojek dan Penjaga Kantin

Awalnya, pria berumur 22 tahun itu memiliki kehidupan yang berkecukupan, sang ayah merupakan pelaut internasional. Namun, saat Keanu telah lulus SMA, kehidupannya berubah. Masa kejayaan ayahnya sudah habis sehingga tak dapat berlayar lagi. Keadaan ekonomi keluarganya memburuk dan Keanu tak dapat melanjutkan kuliahnya.
Saking tak punyanya uang, keluarganya harus membagi satu sabun untuk lima kamar mandi di rumahnya. “Bayangin ya, ada lima kamar mandi terus sabun mandi enggak ada, terus ada satu tuh, dipotong-potong, dibagi-bagi,” ungkap pria dari tiga bersaudara itu dalam kanal Youtube Melaney Ricardo.

Melihat kondisi perekonomian keluarga seperti ini, Keanu mencoba untuk menghasilkan uang sendiri. Ia menjadi tukang ojek online mengikuti saran dari temannya. Keanu mengaku kalau menjadi tukang ojek begitu sulit baginya. Harus banyak yang dikorbankan dan penghasilan yang didapat tidak seberapa. Ia pernah mendapat order dari Bekasi ke Blok M hanya diupahi Rp 30 ribu.

Meskipun begitu, Keanu akhirnya bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Keanu tidak lagi bekerja sebagai tukang ojek, ia beralih profesi sebagai penjaga kantin di kampus dirinya menuntut ilmu. Selama berkuliah, biaya kehidupannya juga dibantu oleh teman-temannya. Mengingat Keanu punya banyak teman yang berasal dari keluarga kaya raya.

Di sela-sela menjadi penjaga kantin, Keanu punya cita-cita menjadi orang terkenal. Ia ingin menjadi selebgram karena menghasilkan uang yang banyak. Sejak saat itu, ia mulai meminjam smartphone temannya untuk membuat konten yang lucu-lucu melalui media sosial dengan ciri khasnya sendiri.

Karena konsisten mengunggah konten yang mengundang gelak tawa dan punya relasi yang cukup bagus, dirinya pelan-pelan dikenal banyak orang. Ia juga mulai berteman dengan sesama selebgram yang mendorong pengikut di media sosialnya terus bertambah.

Kemunculan Keanu di awal tahun 2019 hingga saat ini, menjadikan dirinya sosok selebgram yang tengah populer di Tanah Air. Maka tak heran jika banyak brand yang menggunakan jasa endorse dari Keanu untuk mempromosikan produknya.
Pria yang memopulerkan jargon “jangan ngadi-ngadi” itu pernah membeberkan bayaran termahal yang pernah ia dapat dari hasil endorsement.

“Jadi, lo pernah dapat berapa paling banyak dari endorse?” tanya Raffi Ahmad melalui kanal Youtube Rans Entertainment.
“Endorse paling mahal Rp 1 miliar,” beber Keanu santai.

Keanu juga menjelaskan, awalnya ia mau dibayar dengan mobil Alphard, tapi temannya menyuruh dirinya untuk meminta uang tunai saja. Sehingga ia dibayar sebesar Rp 1 miliar untuk satu tahun. Raffi Ahmad pun terkejut mendengar hal itu karena termasuk tarif yang mahal untuk pendatang baru seperti Keanu.